Kamis, 01 Januari 2015

Pentingnya Jaringan Internet bagi Manusia

        Kata internet sudah pasti tidak asing lagi di telinga kita baik tua, muda, dewasa, bahkan anak kecil, khususnya remaja pun mengetahui apa itu internet. Bagi anak-anak di kalangan remaja masih belum terlalu paham arti sesungguhnya dari kata internet, melainkan mereka hanya menggunakan internet hanya untuk “mampir” di dunia maya. Saya yakin bukan cuma para remaja saja, orang dewasa di Indonesia bahkan di seluruh dunia juga sudah memiliki akun sosial Facebook, Path, Twitter, Instagram dan sosial media lainnya. Tidak semuanya, namun dapat dikatakan mereka pasti memiliki akun-akun tersebut yang pada dasarnya itu semua adalah bagian dari internet.

  Pengertian internet adalah jaringan komputer diseluruh penjuru dunia yang terhubung satu sama lain dengan menggunakan Standard Internet Protocol Suite (TCP/IP). Internet sudah menjadi sesuatu yang fenomenal bagi semua orang di dunia. Bahkan ada sebagian dari mereka yang menjadikan internet adalah hal yang paling penting bagi mereka.

     Internet adalah media yang membuat seseorang dapat mengakses informasi dengan mudah. Bahkan lewat jaringan internet kita bisa membaca koran secara online, membeli barang secara online, video call, chatting, mengirim foto lewat sosial media, dan masih banyak lagi yang dapat kita dapatkan melalui internet. Pentingnya interne sudah sangat dirasakan oleh seluruh orang di penjuru dunia.

  Saat sekarang ini, internet sudah memiliki banyak manfaat dalam berbagai bidang yaitu bidang ekonomi dan bisnis, bidang sosial, dan bidang pendidikan. Dari bidang ekonomi dan bisnis manfaatnya yaitu dari segi pemasaran produk pada pembelian barang secara online, terdapat banyaknya iklan untuk mencari tenaga kerja atau lowongan pekerjaan, peluang bisnis baru, dan lain-lain. Di bidang sosial yaitu manfaat dalam social networking, memudahkan kita berkomunikasi dengan brbagai orang di penjuru dunia, dan berbagai manfaat lainnya.

  Pada bidang pendidikan, internet sangat berpengaruh pada kemajuan pendidikan. Jaringan internet menjadi sarana atau sumber informasi bagi pelajar dan mahasiwa dalam mengakses data lewat internet. Selain itu dengan sosial media mereka dapat menemukan banyak teman agar bisa saling bertukar informasi, dan sebagainya. Selain itu, dengan menggunakan jaringan internet bisa kita gunakan sebagai media pembelajaran seperti E-learning, Email, dan situs yang lainnya. Dan tentunya masih banyak lagi manfaat internet bagi manusia dalam bidang pendidikan dan bidang yang lainnya.

Tidak ada komentar: