Kamis, 01 Januari 2015

E-Learning

  E-learning adalah suatu media pembelajaran yang banyak digunakan di perguruan tinggi, sekolah-sekolah, dan di kantor yang ada di Indonesia bahkan di seluruh dunia. Teknologi sekarang ini sudah semakin canggih apalagi di dunia pendidikan kita bisa belajar dimana saja dan kapan saja yang jaraknya jauh dengan kita, contohnya saja pada media pembelajaran E-Learning. E-learning ini memudahkan kita dalam proses belajar-mengajar hanya dengan tatap muka pada layar komputer. Tentu saja E-learning ini sangat membantu kita mendapatkan informasi dan pengetahuan yang lebih luas. Media pembelajaran ini dapat diakses melalui komputer yang disambungkan ke internet yang kemudian kita dapat mengakses situs-situs yang menyediakan media belajar E-learning.

  E-learning memiliki keuntungan dan kerugian bagi penggunanya. Keuntungannya yaitu kita dapat menggunakan media belajar E-learning dimana saja dan kapan saja tanpa mengenal tempat, jauh maupun dekat. E-learning juga bisa diakses oleh siapa saja baik pelajar, mahasiswa, dosen, guru, pegawai kantoran, dan lain-lain. Sebagai seorang pelajar maupun mahasiswa, tidak perlu harus duduk di dalam kelas, namun kita bisa dengan mudah mendapatkan informasi dan pengetahuan melalui media pembelajaran E-learning.


          Keuntungan lainnya yaitu menghemat biaya. Dengan E-learning kita bisa menghemat biaya untuk membeli buku dan peralatan yang biasanya harus membeli buku setiap mata pelajaran atau mata kuliah tertentu, begitu pula dengan peralatan yang digunakan seperti spidol, penghapus, papan tulis, dan lain-lain.


          Diantara banyaknya keuntungan yang diperoleh dari E-learning, adapun kerugian yang ditimbulkan contohnya seseorang yang sudah sangat merasakan kemudahan mendapatkan informasi dan pengetahuan melalui E-learning akan terbiasa dengan keadaan tersebut sehingga akan berkurangnya budaya “ajar-mengajar” antara siswa dan guru, begitu pula antara mahasiswa dan dosen. Dengan semakin berkembangnya teknologi pada E-learning ini membuat pula para pengaar akan kurang dibutuhkan lagi.


  Dari kekurangan dan kelebihan yang ditimbulkan, maka menurut saya hambatan yang mungkin terjadi jika E-learning ini diterapkan yaitu tidak semua orang mempunyai perangkat komputer bahkan banyak sekolah-sekolah yang masih kurang dalam memfasilitasi perangkat komputer dan jaringan komputer sehingga sangat tidak mudah untuk mengakses E-learning pada sekolah-sekolah. Selain itu, di desa terpencil juga memiliki keterbatasan koneksi jaringan internet maupun perangkat komputer akan sangat susah bagi mereka untuk dapat menggunakan media pembelajaran E-learning.

Tidak ada komentar: